Terima Kasih Telah Mengunjungi Website ===> Pejabat Fungsional Penyuluh, Kec. Moncongloe Kab. Maros<==== Semoga dapat membantu anda

Pages - Menu

Kamis, 19 November 2020

CARA BIKIN PODCAST DENGAN PODCAST SARANA UNTUK MENYAMPAIKAN INFORMASI PEMBANGUNAN PERTANIAN

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4861865/cara-bikin-podcast-gampang-pakai-anchor
 

PODCAST adalah salah satu media untuk menyampikan program pembangunan pertanian dan informasi teknologi bagi petani, pemerrhati pertanian dan mitra tani lainnya.

    Nah, ada satu platform yang sekarang jadi andalan podcaster, Anchor namanya. Tanpa peralatan yang ribet, kalian bisa langsung bikin podcast dan menyiarkannya. Aplikasinya pun gratis, bisa didownload dari Google Play Store maupun App Store.

    Bagaimana cara memulainya? Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat podcast di Anchor, dari awal hingga podcast disiarkan.


1. Download dan install aplikasi Anchor dari Google Play Store atau Apple App Store.
2.  Jalankan dan daftarkan dulu akun kalian. Kalau mau lebih gampang, pakai saja akun          
    Google dengan tap 'Continue with Google'.

3.. Kalau sudah login, kalian akan diberi beberapa pilihan. Mau langsung rekam podcast? tap 'I want to make new podcast'. Atau kalian ingin mengupload audio podcast yang sudah direkam sebelumnya, tap 'I have podcast I want to import'.

4. Di tutorial cara bikin podcast ini, kita akan bahas pilihan merekam podcast secara langsung ya. Jadi kalian bisa lanjutkan dengan tap 'Record'.

5. Silakan rekam suara kalian berbicara mengenai tema atau topik yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Kalian bisa memberikan tanda 'Flag' dengan melakukan tap pada Add Flag. Fungsi dari fitur ini adalah menandai jika terdapat kesalahan pengucapan atau kesalahan lain yang bikin podcast kurang oke. Flag ini nanti akan jadi penanda bagian yang akan diedit atau malah dihilangkan.

7. Jika rekaman sudah selesai, tap 'Stop'. Selanjutnya, akan ditampilkan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Di tahap ini kalian bisa menambahkan backsound yang kira-kira cocok dengan tap 'Add background music'.


8. Ketika kalian tap 'Add background music', akan muncul koleksi musik Anchor yang bisa dipilih. Tap tombol 'Play' untuk mendengarkan preview musiknya, lalu tap ikon plus untuk menambahkan musik yang pas.


9. Backsound-nya sudah ditambahkan nih. Kalau semuanya sudah oke, tap 'Save' untuk menyimpannya. Ini belum versi final ya. Jadi, audio ini baru akan disimpan ke akun kalian, belum disiarkan.

10. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memberikan judul podcast yang akan disimpan itu. Silakan beri judul episode, lalu tap 'Add recording to episode'.


11. Sabar, sampai tahapan ini podcast masih berstatus draft. Nah, untuk menyiarkannya, tap 'Publish' yang letaknya di kanan atas.


12. Isi keterangan untuk judul episode podcast beserta deskripsi singkatnya. Jangan lupa, tambahkan juga urutan episode untuk mempermudah Anchor mengurutkannya dan membantu pendengar mengindentifikasi setiap episode.

13. Jika sudah terisi semua, tap 'Publish Now' atau 'Change publish date' jika podcast kalian ingin disiarkan pada hari dan jam tertentu.

14. Selesai! Podcast akan disiarkan sesuai dengan opsi yang kalian pilih. Demikian step by step cara membuat podcast di Anchor.

Gimana, gampang kan? Saatnya kalian coba, selamat bikin podcast!

Sumber : link https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4861865/cara-bikin-podcast-gampang-pakai-anchor

by admin bpp moncongloe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan koment, untuk saran saran buat admin...?